Definisi
Pemasaran
Harsono Suwardi menyatakan bahwa dasar dari pemasaran adalah
komunikasi dan pemasaran bisa akan begitu powerful jika dipadukan dengan
komunikasi yang efektif dan efisien. Bagaimana menarik konsumen atau khalayak
menjadi aware, kenal dan mau membeli suatu produk atau jasa melalui saluran
komunikasi adalah bukan sesuatu yang mudah. (Prisgunanto, 2006:7)
Definisi pemasaran menurut Kotler dan Keller (2007:6), “Pemasaran
adalah suatu proses sosial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan
apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan
secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain”. Dari
definisi tersebut terlihat bahwa pemasaran mencakup keseluruhan sistem kegiatan
bisnis mulai dari perencanaan, penentuan harga, promosi, dan pendistribusian
barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan
pelayanan yang bermutu.
Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang
dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan
barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta
tujuan perusahaan.
Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari
kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga,
mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan
kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
Dasar Ilmu Marketing.
1. Positioning
Bagaimana kita memposisikan bisnis kita ke dalam pasar. Bagaimana kita sebagai pemilik bisnis memposisikan diri terhadap konsumen, dan sebaliknya bagaimana bisnis kita di mata konsumen. Konsep dasar dari usaha yang akan kita jalankan perlu dirancang untuk mulai membangun sebuah bisnis.
2. Differentiation
Hal apa saja yang membedakan kita dengan pasar. Disinilah nilai keunikan suatu bisnis sangat diperlukan agar bisnis tersebut dapat mencolok dari bisnis-bisnis lain yang memiliki genre yang sama. Jika tidak, maka bisnis itu sendiri yang akan tenggelam ke dalam pasar tanpa ada konsumen yang tau kalau bisnis kita ada.
3. Branding
Pemilihan logo, nama, slogan menjadi senjata terakhir agar konsumen dapat mengingat kita dengan mudah, sehingga diperlukan keserasian antara nama, logo dan usaha yang kita jalani. Untuk itu pemilihan nama tidaklah sembarangan, agar konsumen dapat mengenali siapa kita dan apa bisnis kita melalui sebuah nama
Dasar-Dasar Pemasaran
1. Konsep Pemasaran
2. Orientasi konsumen
3. Pemuasaan kebutuhan dan keinginan konsumen
4. Nilai dan Proses Pertukaran
5. Segmentasi Pasar
6. Siklus kehidupan produk
7. Bauran Pemasaran
Beberapa Dasar diantaranya:
Konsep Pemasaran
Pemasaran
ini bersandar pada beberapa konsep inti, yaitu :
1.
Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan
a.
Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan dan
harus ada sehingga dapat menggerakan manusia sebagai dasar berusaha.
b.
Keinginan hasrat untuk memperoleh pemuas
kebutuhan yang lebih spesifik akan kebutuhan yang lebih mendalam.
c.
Permintaan adalah keinginan akan produk
tertentu yang didukung oleh kemampuan dan kesediaan untuk membeli.
2.
Produk / Jasa
Segala sesuatu yang dapat ditawarkan
untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan.
3.
Nilai dan Kepuasan
Merupakan konsep penuntun dalam
memilih produk mana yang dapat memuaskan dan mempunyai kapasitas berbeda
sebagai perangkat tujuan.
4.
Pertukaran dan Transaksi
Merupakan cara-cara yang dilakukan
orang dalam memperoleh produk yang diinginkannya.
a.
Pertukaran adalah tindakan memperoleh barang
yang dikehendaki dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan
b.
Transaksi adalah perdagangan nilai-nilai
antara dua pihak atau lebih.
5.
Hubungan dan Jaringan, merupakan praktik
dilakukan perusahaan dengan pihak-pihak kunci seperti pelanggan, pemasok, dan
penyalur guna mempertahankan referensi dan bisnis jangka panjang perusahaan.
6.
Pasar yang terdiri atas semua pelanggan
potensial yang memiliki kebutuhan atau
keinginan tertentu yang sama, yang mungkin bersedia dan mampu melaksanakan
pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan tersebut.
Berdasarkan dari beberaba pendapat di atas, pemasaran merupakan
suatu proses yang memberikan jawaban atas kebutuhan dan keinginan individu atau
organisasi. Jadi, pemasaran merupakan kunci utama untuk memperoleh aliran dana
kembali ke dalam perusahaan.
Pemasaran terdiri dari strategi bauran pemasaran (marketing mix)
dimana organisasi atau perusahaan mengembangkan untuk mentransfer nilai melalui
pertukaran untuk pelanggannya. Kotler dan Armstrong (2008:62) berpendapat
bahwa, ”Bauran pemasaran (marketing mix) adalah kumpulan alat pemasaran taktis
terkendali yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respons yang
diinginkannya di pasar sasaran”.
Bauran Promosi (Promotion Mix)
Bauran
promosi merupakan alat-alat komunikasi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan
kebaikan produknya dan membujuk
konsumensasaran untuk membeli produk tersebut, di mana alatalat tersebut adalah
:
1.
Periklanan (Advertising)
Komunikasi
nonindividu dengan sejumlah biaya, melalui berbagai media yang dilakukan oleh
perusahaan, lembaga nirlaba serta individu.
2.
Penjualan Perseorangan (Personal
Selling)
Interaksi
antar individu, saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan,
memperbaiki, menguasai atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling
menguntungkan dengan pihak lain.
3.
Publisitas (Publicity)
Usaha
untuk merangsang permintaan terhadap suatu produk secara nonpersonal dengan
membuat berita yang bersifat komersial tentang produk tersebut dalam media
tercetak atau tida, maupun hasil wawancara yang disiarkan dalam media tersebut.
4. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Salah
satu kegiatan promosi untuk melakukan rangsangan kepada konsumen untuk
melakukan pembelian.
5.
Pemasaran Langsung (Direct
Marketing)
Salah
satau kegiatan penjualan secara langsung kepada konsumen untuk melakukan
pembelian. Freddy Rangkuti (2009:273)
#PoliteknikNegeriJakarta
#TeknikGrafika&Penerbitan
#KomunikasiPemasaran
Sumber:
Philip Kotler dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip
Pemasaran. Edisi
Ke-12 Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar