Rabu, 04 September 2013

Dasar-Dasar Pemasaran

Definisi Pemasaran

Harsono Suwardi menyatakan bahwa dasar dari pemasaran adalah komunikasi dan pemasaran bisa akan begitu powerful jika dipadukan dengan komunikasi yang efektif dan efisien. Bagaimana menarik konsumen atau khalayak menjadi aware, kenal dan mau membeli suatu produk atau jasa melalui saluran komunikasi adalah bukan sesuatu yang mudah. (Prisgunanto, 2006:7)

Definisi pemasaran menurut Kotler dan Keller (2007:6), “Pemasaran adalah suatu proses sosial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain”. Dari definisi tersebut terlihat bahwa pemasaran mencakup keseluruhan sistem kegiatan bisnis mulai dari perencanaan, penentuan harga, promosi, dan pendistribusian barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan pelayanan yang bermutu.

Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.




Dasar Ilmu Marketing

1. Positioning
Bagaimana kita memposisikan bisnis kita ke dalam pasar. Bagaimana kita sebagai pemilik bisnis memposisikan diri terhadap konsumen, dan sebaliknya bagaimana bisnis kita di mata konsumen. Konsep dasar dari usaha yang akan kita jalankan perlu dirancang untuk mulai membangun sebuah bisnis.
2. Differentiation
Hal apa saja yang membedakan kita dengan pasar. Disinilah nilai keunikan suatu bisnis sangat diperlukan agar bisnis tersebut dapat mencolok dari bisnis-bisnis lain yang memiliki genre yang sama. Jika tidak, maka bisnis itu sendiri yang akan tenggelam ke dalam pasar tanpa ada konsumen yang tau kalau bisnis kita ada.

3. Branding
Pemilihan logo, nama, slogan menjadi senjata terakhir agar konsumen dapat mengingat kita dengan mudah, sehingga diperlukan keserasian antara nama, logo dan usaha yang kita jalani. Untuk itu pemilihan nama tidaklah sembarangan, agar konsumen dapat mengenali siapa kita dan apa bisnis kita melalui sebuah nama




Dasar-Dasar Pemasaran
1. Konsep Pemasaran
2. Orientasi konsumen
3. Pemuasaan kebutuhan dan keinginan konsumen
4. Nilai dan Proses Pertukaran
5. Segmentasi Pasar
6. Siklus kehidupan produk
7. Bauran Pemasaran


Beberapa Dasar diantaranya:

Konsep Pemasaran
Pemasaran ini bersandar pada beberapa konsep inti, yaitu :
1.       Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan
a.       Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan dan harus ada sehingga dapat menggerakan manusia sebagai dasar berusaha.
b.      Keinginan hasrat untuk memperoleh pemuas kebutuhan yang lebih spesifik akan kebutuhan yang lebih mendalam.
c.       Permintaan adalah keinginan akan produk tertentu yang didukung oleh kemampuan dan kesediaan untuk membeli.
2.       Produk / Jasa
Segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan.
3.       Nilai dan Kepuasan
Merupakan konsep penuntun dalam memilih produk mana yang dapat memuaskan dan mempunyai kapasitas berbeda sebagai perangkat tujuan.
4.       Pertukaran dan Transaksi
Merupakan cara-cara yang dilakukan orang dalam memperoleh produk yang diinginkannya.
a.       Pertukaran adalah tindakan memperoleh barang yang dikehendaki dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan
b.      Transaksi adalah perdagangan nilai-nilai antara dua pihak atau lebih.
5.       Hubungan dan Jaringan, merupakan praktik dilakukan perusahaan dengan pihak-pihak kunci seperti pelanggan, pemasok, dan penyalur guna mempertahankan referensi dan bisnis jangka panjang perusahaan.
6.       Pasar yang terdiri atas semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan  atau keinginan tertentu yang sama, yang mungkin bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan tersebut.

Berdasarkan dari beberaba pendapat di atas, pemasaran merupakan suatu proses yang memberikan jawaban atas kebutuhan dan keinginan individu atau organisasi. Jadi, pemasaran merupakan kunci utama untuk memperoleh aliran dana kembali ke dalam perusahaan.

Pemasaran terdiri dari strategi bauran pemasaran (marketing mix) dimana organisasi atau perusahaan mengembangkan untuk mentransfer nilai melalui pertukaran untuk pelanggannya. Kotler dan Armstrong (2008:62) berpendapat bahwa, ”Bauran pemasaran (marketing mix) adalah kumpulan alat pemasaran taktis terkendali yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkannya di pasar sasaran”.

Bauran Promosi (Promotion Mix)
Bauran promosi merupakan alat-alat komunikasi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan kebaikan produknya dan  membujuk konsumensasaran untuk membeli produk tersebut, di mana alatalat tersebut adalah :

1. Periklanan (Advertising)
Komunikasi nonindividu dengan sejumlah biaya, melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga nirlaba serta individu.

2. Penjualan Perseorangan (Personal Selling)
Interaksi antar individu, saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.

3. Publisitas (Publicity)
Usaha untuk merangsang permintaan terhadap suatu produk secara nonpersonal dengan membuat berita yang bersifat komersial tentang produk tersebut dalam media tercetak atau tida, maupun hasil wawancara yang disiarkan dalam media tersebut.

4. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Salah satu kegiatan promosi untuk melakukan rangsangan kepada konsumen untuk melakukan pembelian.

5. Pemasaran Langsung (Direct Marketing)
Salah satau kegiatan penjualan secara langsung kepada konsumen untuk melakukan pembelian. Freddy Rangkuti (2009:273)







#PoliteknikNegeriJakarta
#TeknikGrafika&Penerbitan
#KomunikasiPemasaran


Sumber:
Philip Kotler dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi
Ke-12 Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar